Melihat sisa kuota internet Esia EVDO untuk paket Samsung Galaxy Y

Beberapa waktu lalu saya membeli handphone CDMA Galaxy Y, yang di-bundle dengan kartu Esia, di counter Samsung Pacific Place. Di kartu Esia ini ada embel-embel “EVDO powered by AHA“, yang kira-kira artinya adalah : “nomor ini adalah nomor Esia, tapi internet nya di-provide oleh AHA”. Singkat cerita, saya sangat puas dengan kecepatan internet AHA, setelah sebelumnya hanya menikmati paket unlimited IM2 dengan lebar bandwith 384 Kbps.

Hingga tibalah saatnya untuk mencari tahu sisa kuota kartu Esia saya ini.

Di IM2 mencari tahu sisa kuota anda sangat mudah. Login dan lihat menu “Usage”. Dengan Esia ini? No idea. Buka Esia dan mencari informasi nya di situ? Nol. Buka situs AHA lalu berusaha login dengan nomor HP dan PIN? Gagal total. Ok kalau begitu, saya mungkin harus register. Maka, saya lakukan itu dan memilih Galaxy Y sebagai paket untuk didaftarkan. Hasilnya? Masih nol. Login tetap gagal total.

Mungkin keterangannya ada di bungkus kartu Esia nya. Tapi saya taruh mana ya? Mungkin sudah saya buang malah. Nasib, nasib.

Hingga akhirnya saya bertanya kepada Dik (karena umurnya lebih muda dari saya) Google. Dasar Google, kalau kita bertanya dengan tepat, maka jawabannya pasti tepat. Tapi sebaliknya, untuk kasus sebaliknya.🙂 Oleh Google, saya diarahkan ke satu halaman yang ada di situs myesia. Hmm, aneh. Koq saya gak mengira informasi nya ada di sini. Singkatnya, step by step nya adalah sebagai berikut :

Panduan melihat sisa kuota Internet kartu Esia EVDO powered by AHA

  1. Masuk ke situs AHA (aha.co.id) dan pilih menu Customer Login.
  2. Lalu lakukan “Registrasi Prabayar
  3. Di sini yang anda perlukan adalah nomor HP, PIN dan MEID yang semuanya bisa anda dapatkan di pembungkus kartu Esia anda. Apa? Sudah anda buang? Hmm, kalau begitu coba check SMS yang pernah anda kirim (atau oleh customer nya Samsung on behalf of anda).
  4. Dan untuk nama perangkat, PILIHLAH “Kartu AHA”, JANGAN PILIH YANG LAIN, APALAGI “Samsung Galaxy Y”. Maaf, ini huruf besar semua bukan karena saya sedang marah-marah, tapi di sinilah kesalahan paling critical yang bisa membuyarkan usaha anda melakukan registrasi yang merepotkan ini.
  5. Di halaman selanjutnya anda diminta membuat username dan password. INGATLAH USERNAME DAN PASSWORD ANDA, karena hanya ini yang bisa membantu anda login untuk melihat sisa kuota anda.
  6. Selesaikan segera registrasi yang cukup melelahkan ini lalu kembali ke halaman login.
  7. Masukkan username dan password anda (bukan no HP dan PIN), lalu login.
  8. Kalau nasib baik masih bersama anda, maka anda akan masuk ke halaman yang sudah anda tunggu-tunggu, Customer Area.
  9. “Tapi sebentar.. Yang muncul di sini koq hanya sisa pulsa, dan informasi paket yang saya ambil? Mana informasi sisa kuota saya?”. Oh ya, informasi mengenai sisa kuota anda ternyata masih belum bisa ditampilkan, karena kesalahan pada system🙂.
  10. Maka, seperti yang disarankan di halaman ini, kirim email ke AHAcare dengan subject sisa kuota plus nomor Esia anda.
  11. Tunggu beberapa saat (saya tidak bilang beberapa menit atau jam ya), sampai muncul balasan dari AHA yang isinya meminta maaf dan memberitahukan sisa kuota internet anda saat ini

Mudah-mudahan panduan saya ini bisa membantu anda yang sedang bingung, sebingung dulu waktu saya mengalami hal yang sama. Bahkan pada saat-saat seperti itu, staff Samsung di toko tempat saya membeli barang ini pun ikut bingung. Lah?

Untung ada Dik Google.🙂

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 2 Januari 2012, in Gadget, Service Provider and tagged , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Rahmat Skarsgard

    Hi saya punya pertanyaan, kalau kartu esia yang biasa bisa buat internetan gak?
    Saya baru pertama kali pake cdma..
    Bingung..
    HP galaxy y, kartu esia..
    Seting-nya gimana..
    T_T
    Tolong di jawab..

    • Kartu Esia lama juga bisa digunakan untuk Internet-an, walaupun hanya sebatas GPRS (bandwith rendah) dan dengan tarif per KB. Tapi untuk menikmati 3G (bandwidth tinggi), Esia lama Anda harus diganti (di-upgrade) dengan Esia EVDO. Setau saya, upgrade nya gratis, tapi Anda tidak bisa kembali ke Esia lama.

      Harap diketahui bahwa tariff Esia lama masih lebih murah untuk telepon dan SMS, dibanding Esia baru (atau EVDO).

      Kalau Anda mendapatkan kartu Esia satu paket dengan pembelian Samsung Galaxy Y, biasanya sudah bisa digunakan Internet-an dengan kecepatan 3G. Artinya, Anda pasti mendapatkan kartu Esia EVDO. Salesman tempat Anda membeli Galaxy Y ini biasanya bisa membantu untuk men-setting gadget baru Anda.

      Cara lain untuk mengetahui apakah kartu Esia Anda EVDO atau bukan, paling mudah adalah dengan melihat pembungkusnya.

      Semoga membantu

  1. Ping-balik: Perbandingan paket Internet AHA « iSemua

Tinggalkan Balasan

