Antara XL, BlackBerry dan RIM

Dikutip dari situs nya XL (www.xl.co.id) :

“HEBOH..! Anda cukup bayar sekali Rp. 49 ribu, bisa mendapatkan layanan Full Service Blackberry selama 3 bulan NON-STOP! Dalam 3 bulan ini Anda bisa browsing internet, buka email, facebook-an, twitter-an, chatting YM, BBM-an sepuaaasnya.”

Promo berakhir tanggal 1 Feb 2012.

Saya sendiri bukan pengguna Blackberry, dan tidak merasakan ketergantungan yang dirasakan kebanyakan orang di sekitar saya (termasuk istri saya) terhadap barang punya Amerika ini. Tapi saya mungkin tahu lebih banyak dari istri saya soal RIM (Research In Motion), perusaahan pembuatnya yang di kantor pusat nya sana sedang berjuang melawan derasnya persaingan dengan Apple (iPhone) dan Google (Android).

Mungkin RIM saat ini masih bisa bernafas lega, karena di Indonesia Blackberry ini masih menjadi gadget yang paling diburu sampai akhir tahun 2011. Walaupun pasar nya di Eropa dan Amerika mulai menurun sejak tahun lalu.

Tapi saya heran juga kenapa RIM tidak mendirikan pabrik di Jakarta, Indonesia, tapi lebih memilih Kuala Lumpur, Malaysia. Apa sebenarnya rencana RIM sendiri di Indonesia? Sebagai orang awam, koq saya tidak melihat ini sebagai strategi yang ampuh, yang bisa melanggengkan kekuasaan Blackberry di sini.

Are you still there, BBers?

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 5 Januari 2012, in Gadget, Service Provider, Social Media and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

