Teman Facebook saya dari tahun 1910

Pernahkah Anda punya teman Facebook dari tahun 1910? Sebagai seorang Facebooker yg lumayan aktif, saya punya cukup banyak teman, mulai dari alumni, teman kantor sampai teman satu komunitas. Tapi berteman dengan seseorang dari tahun 1910 mungkin tidak akan pernah terbayangkan sebelumnya.

Seperti dikutip dari Mashable, seorang ahli sejarah di Universitas Nevada mencoba menggunakan Facebook sebagai sarana untuk menarik minat orang mempelajari sejarah. Ahli sejarah yang bernama Donnelyn Curtis ini membuat dua account fiktif yang diambil dari profile dua orang mahasiswa universitas tersebut di tahun 1910, yaitu Joe McDonald dan Leola Lewis, yang di masa kuliah dulu adalah sepasang kekasih.

Semalam, saya lihat Joe McDonald sudah berkawan dengan 2000 orang lebih di Facebook. Dan dia meng-update status nya seperti kita juga, Seolah dia benar-benar ada dan sedang dalam masa-masa kuliah nya. Hanya saja, semua ceritanya tentang hal-hal yang relevant di masa hidupnya.

Di satu sisi, ini adalah terobosan baru untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap sejarah lokal. Tapi di sisi lain ini bertentangan dengan aturan Facebook yang melarang pembuatan account fiktif di Facebook.

Berita terakhir yang saya terima 6 jam lalu dari the Blog Herald, Facebook akhirnya men-shutdown kedua account ini, setelah dua tahun berjalan.

Hal ini sebetulnya wajar, mengingat aturan yang diberlakukan Facebook sendiri. Tapi mungkin sebuah kehilangan yang besar bagi sekitar 2000-an teman Joe dan Leola, yang sudah berinteraksi dengan mereka selama ini.

Kenapa, somehow, saya juga bisa merasakan kehilangan ini, walaupun baru berinteraksi dengan Joe McDonald di Facebook semalam?

Bye, bye, Joe. Bye, bye, Leola.

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 12 Januari 2012, in Social Media and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: