Perbandingan paket Internet IM2

Memilih ISP (Internet Service Provider) bagi saya selalu menjadi pekerjaan yang tidak mudah. Membandingkan satu ISP dengan ISP lain, atau memilih paket-paket yang ditawarkan satu ISP seringkali membuat saya bingung. Mana paket terbaik yang harus saya ambil? Sedangkan informasi yang tertera di situs nya sendiri pun juga kurang membantu.

Nah, mulai artikel ini, saya coba untuk merangkum data yang saya dapat dari berbagai sumber, tentang paket-paket yang ditawarkan oleh ISP-ISP yang ada di Indonesia (baca: Jakarta), berikut penilaian nya masing-masing (menurut cara saya sendiri tentunya).

Informasi akan saya paparkan dalam bentuk table. Dan penilaian nya sendiri saya buat dengan memperhatikan tariff, quota/FUP dan bandwidth yang saya dapat. Perhitungan nya cukup mudah, yaitu dengan membuat ratio antara ketiga nya. Dengan cara ini saya akan dapatkan tariff paling menguntungkan (best tariff), tariff paling tidak menguntungkan (worst tariff), penawaran terbaik (best value) dan penawaran paling tidak menguntungkan (worst value) dari semua paket yang dibandingkan.

Rencana nya, saya akan buat tabel perbandingan untuk semua ISP yang saya tahu di Indonesia. Tapi untuk permulaan, saya akan tampilkan dulu paket-paket yang ditawarkan oleh IM2 saja. IM2 ini adalah provider punya nya Indosat.

Sekilas tentang IM2, saya cukup lama menggunakan jasa provider ini, kira-kira setahun lebih. Waktu itu saya mengambil paket BROOM classic yang basic, dan akhirnya berpindah ke BROOM Unlimited. Dulu saya merasa performance nya cukup baik (walaupun dengan paket Unlimited), sampai 7 bulan terakhir dimana saya mulai merasakan penurunan yang cukup signifikan. Kira-kira di awal bulan Januari 2012 ini, saya akhirnya memutuskan hubungan ‘mesra’ saya dengan IM2.

Walaupun begitu, IM2 sendiri menurut saya punya coverage yang cukup luas yang bisa mengimbangi Telkomsel. Saya sendiri pernah merasakan coverage IM2 ini hingga ke tempat-tempat seperti Sukabumi, Anyer, Kuningan Cirebon, bahkan sampai ke tanah rencong Aceh.

Sebelum sampai pada tabel perbandingan, harap diketahui bahwa :

  1. Hampir seluruh informasi saya grab sendiri dari situs Indosat M2 per tanggal 19 Januari 2012.
  2. Penilaian ini dibuat berdasarkan logika semata, dan tidak berhubungan dengan ilmu apa pun kecuali matematika.
  3. Saya tidak punya tendensi apa pun dalam melakukan penilaian.

Tabel Perbandingan Paket-Paket IM2

Product Paket Pra/Pasca Penilaian Speed Quota/FUP Tariff Masa Aktif
BROOM Kalong Pra Bayar Best Tariff 1 Mbps 5 GB 100,000 Bulanan
BROOM 100 Pra Bayar 2nd Best Tariff 384 Kbps 2 GB 100,000 Bulanan
BROOM Bastis Pra Bayar 384 Kbps 3 GB 200,000 Bulanan
ECO! Unlimited Pasca Bayar 384 Kbps 2 GB 160,000 Bulanan
YOU! Unlimited Pasca Bayar 1.5 Mbps 4 GB 350,000 Bulanan
MAX! Quota Pasca Bayar Best Value 3.6 Mbps 10 GB 900,000 Bulanan
PRO! Quota Pasca Bayar 3.6 Mbps 6 GB 625,000 Bulanan
MAX! Unlimited Pasca Bayar 3.6 Mbps 5.5 GB 900,000 Bulanan
PRO! Unlimited Pasca Bayar 3.6 Mbps 3.5 GB 625,000 Bulanan
YOU! Quota Pasca Bayar 3.6 Mbps 1.6 GB 350,000 Bulanan
ECO! Quota Pasca Bayar 3.6 Mbps 0.7 GB 160,000 Bulanan
BROOM XTra2 Pra Bayar 384 Kbps 500 MB 150,000 Bulanan
BROOM Merdeka Pra Bayar Worst Value 256 Kbps 150 MB 50,000 Bulanan
BROOM Asik Pra Bayar Worst Value 256 Kbps 150 MB 50,000 Bulanan
BROOM Bastis Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 60 Hari
BROOM Merdeka Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 30 Hari
BROOM XTra2 Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 60 Hari
BROOM 100 Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 60 Hari
BROOM Asik Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 60 Hari
BROOM Kalong Pra Bayar Worst Tariff 3.6 Mbps Voucher Voucher 60 Hari

Catatan :

2nd best tariff saya tampilkan di sini karena the best tariff nya punya limitasi hanya bisa digunakan mulai tengah malam sampai pagi hari.

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 20 Januari 2012, in Service Provider and tagged , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. maksudnya tarif voucher itu apa ya mas?

    • Maksudnya di sini tariff dan quota nya tergantung voucher yang dibeli. Untuk voucher, ujung-ujung nya sih rate nya semuanya sama, yaitu Rp. 1,-/KB, yang menjadi rate ter-rendah dalam table ini.

  2. menghimbau
    kepada pengguna perdana kartu IM 2 Broom
    Paket Asik agar berhati- hati dalam
    membaca panduan setting aktivasi kartu.
    Tidak adanya keharusan kita menginput
    kode PUK dan PIN dapat menyebabkan
    pengguna awal frustasi. Oleh karena itu,
    sudah seharusnya jika pihak IM2 merevisi
    panduan aktivasi secara lebih detail . Jangan
    sampai pengguna awal merasa “ terjebak ”
    dengan ketidakjelasan informasi yang ada.
    Selamat tinggal IM2 Broom Paket Asik ! .

  1. Ping-balik: Perbandingan paket Internet 3 (Three/Tri) « iSemua

  2. Ping-balik: Perbandingan paket Internet Telkomsel « iSemua

  3. Ping-balik: Perbandingan paket Internet AHA « iSemua

  4. Ping-balik: Perbandingan paket Internet XL « iSemua

Tinggalkan Balasan

