Perbandingan paket Internet 3 (Three/Tri)

Setelah di artikel lalu saya paparkan perbandingan paket Internet IM2, di artikel ini saya coba bandingkan paket Internet yang ditawarkan oleh 3 (Three/Tri).

Seperti artikel sebelumnya, komparasi ini saya paparkan dalam bentuk table. Dan penilaian nya sendiri saya buat dengan memperhatikan tariff, quota/FUP dan bandwidth dari tiap paket. Perhitungan nya sendiri cukup mudah, yaitu dengan membuat ratio antara ketiga nya. Dengan cara ini akan saya dapatkan tariff paling menguntungkan (best tariff), tariff paling tidak menguntungkan (worst tariff), penawaran terbaik (best value) dan penawaran paling tidak menguntungkan (worst value) dari semua paket yang dibandingkan.

Sekilas tentang Three. ISP ini adalah milik PT. Hutchison CP Telecommunications. Di banding ISP lain, Three ini punya keunikan tersendiri. Nama nya hanya menggunakan 1 angka yaitu “3”, sehingga agak membingungkan pengejaannya. Three, Tri atau Tiga? Situsnya sendiri menggunakan alamat “tri.co.id”, walaupun bisa diakses juga dari “three.co.id”. Paket Internet nya pun, simple. Seperti bisa dilihat pada table di bawah ini.

Saya menggunakan jasa provider ini, kira-kira sejak 1.5 bulan yang lalu, waktu membeli mini hotspot yang di-bundle dengan paket Three. Lumayan juga. Saya dapat menikmati quota hingga 1GB per bulan selama 3 bulan dengan hanya membayar Rp. 10.000 (alias “ceban“) saja. Murah gila, nih. Tentang performance? Nah, jangan terlalu berharap. Walaupun menurut saya, performance Three ini masih ok lah, jika dibandingkan dengan tariff nya. Three dibilang memang punya tariff termurah di kelas GSM. Dan itu bukan mengada-ada.

Sebelum sampai pada tabel perbandingan, harap diketahui bahwa :

  1. Hampir seluruh informasi saya grab sendiri dari situs Three per tanggal 24 Januari 2012.
  2. Penilaian ini dibuat berdasarkan logika semata, dan tidak berhubungan dengan ilmu apa pun kecuali matematika.
  3. Saya tidak punya tendensi apa pun dalam melakukan penilaian.

Tabel Perbandingan Paket-Paket Three

Product Paket Pra/Pasca Jenis Penilaian Speed Quota/FUP Tariff Masa Aktif
Kartu Internet 5GB Pra Bayar Quota Best Tariff, Best Value 3.6 Mbps 5 GB 125,000 Bulanan
Kartu Internet 2GB Pra Bayar Quota 3.6 Mbps 2 GB 75,000 Bulanan
Kartu Internet 1GB Pra Bayar Quota 3.6 Mbps 1 GB 50,000 Bulanan
Kartu Internet 500MB Pra Bayar Quota Worst Tariff, Worst Value 3.6 Mbps 500 MB 35,000 Bulanan

Catatan :

Quota ini tidak termasuk promo 25% selama bulan Januari 2012

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 25 Januari 2012, in Service Provider and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

Tinggalkan Balasan

