Perbandingan paket Internet AHA

Saya sudah pernah membuat komparasi paket-paket Internet dari tiga ISP yang bermain di jalur GSM, yaitu IM2, 3 dan Telkomsel. Sekarang saya coba paparkan apa yang bisa ditawarkan oleh ISP yang tidak berada di jalur GSM, seperti AHA (yang bermain di jalur CDMA). Pengguna CDMA sendiri di Indonesia memang belum sebanyak pengguna GSM, bertolak belakang dengan negara lain seperti Amerika, misalnya. Padahal teknologi CDMA sendiri diklaim lebih stabil daripada GSM.

Seperti biasa, komparasi ini saya paparkan dalam bentuk table. Dan penilaian nya sendiri saya buat dengan memperhatikan tariff, quota/FUP dan bandwidth dari tiap paket. Perhitungan nya sendiri cukup mudah, yaitu dengan membuat ratio antara ketiga nya. Dengan cara ini akan saya dapatkan tariff paling menguntungkan (best tariff), tariff paling tidak menguntungkan (worst tariff), penawaran terbaik (best value) dan penawaran paling tidak menguntungkan (worst value) dari semua paket yang dibandingkan.

Bagi yang masih bingung dengan penilaian ini, saya akan sederhanakan saja, bahwa Best Tariff itu adalah paket dengan tarif paling murah per KB nya dan Best Value itu adalah paket dengan penawaran bandwith terbaik untuk tarif per KB nya.

Mengenai AHA, ISP ini adalah milik PT. Bakrie Connectivity, yang juga pemilik Esia. Jadi, tak heran kalau nomor AHA dan Esia bisa di isi ulang menggunakan voucher yang sama. Apa bedanya, kalau begitu AHA dan Esia? AHA meng-cover service Internet menggunakan teknologi yang lebih tinggi (EVDO). Sedangkan Esia diperuntukkan bagi konsumen yang tidak butuh Internet, atau hanya menggunakannya sekali-sekali (dengan GPRS). Tarif? AHA punya tarif yang lebih mahal untuk SMS dan telepon, dibanding Esia. Tapi bagi yang butuh koneksi Internet yang mumpuni, Esia adalah pilihan yang kurang tepat.

Saya sendiri pengguna AHA sejak 2 bulan yang lalu, dan tidak pernah kecewa dengan performance nya sejak saat itu. Waktu itu saya memang sedang mencari gadget CDMA baru dan kebetulan ada penawaran menarik dari AHA dengan paket Galaxy Y nya. Memang, di awal saya sempat kecewa dengan after sales service yang diberikan oleh dealer Samsung tempat saya membeli gadget ini, ketika saya butuh pertolongan untuk melihat quota pemakaian Internet saya. Tapi untunglah dengan semangat untuk tahu, dan googling sana googling sini, akhirnya masalah ini terpecahkan.

Di sekitar Jakarta dan Bekasi sinyal Internet nya sangat baik. Di luar Jakarta? Bandung saya sudah coba, dan cukup memuaskan. Daerah lain belum pernah. Atau mungkin ada yang tahu? Please share. Sebagai pengguna AHA, saya akan sangat berterimakasih.🙂

Nah, sebelum sampai pada tabel perbandingan, harap diketahui bahwa :

  1. Hampir seluruh informasi saya grab sendiri dari situs AHA per tanggal 7 Februari 2012.
  2. Penilaian ini dibuat berdasarkan logika semata, dan tidak berhubungan dengan ilmu apa pun kecuali matematika.
  3. Saya tidak punya tendensi apa pun dalam melakukan penilaian.

Tabel Perbandingan Paket-Paket AHA

Product Paket Pra/Pasca Jenis Penilaian Speed Quota/FUP Tariff Masa Aktif
Ultimate Pra Bayar Quota Best Tariff & Value 3.1 Mbps 35 GB 500,000 Bulanan
Fantastis Harian Pra Bayar Unlimited 3.1 Mbps 500 MB 10,000 Harian
Ekonomis Bulanan Pra Bayar Unlimited 200 Kbps 3 GB 80,000 Bulanan
Dinamis Bulanan Pra Bayar Unlimited 600 Kbps 4 GB 110,000 Bulanan
Fantastis Bulanan Pra Bayar Unlimited 3.1 Mbps 7 GB 200,000 Bulanan
Ekonomis Mingguan Pra Bayar Unlimited Worst Value 200 Kbps 750 MB 25,000 7 Hari
Dinamis Mingguan Pra Bayar Unlimited 600 Kbps 1 GB 35,000 7 Hari
Fantastis Mingguan Pra Bayar Unlimited 3.1 Mbps 1.5 GB 55,000 7 Hari
Super Giga Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 2 GB 100,000 Bulanan
3 In 1 Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 3 GB 150,000 Bulanan
Super Mega Pra Bayar Quota Worst Tariff 3.1 Mbps 700 MB 50,000 Bulanan

Catatan :

Buat yang curious, nilai Worst Tariff nya di sini adalah Rp. 0.07/KB, sedangkan Best Tariff nya Rp. 0.01/KB.

Posted on 7 Februari 2012, in Service Provider and tagged , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. kecewa dengan AHA
    paket apapun yg paket tinggi sekalipun tetep z DC mulu
    AHA tiodak bisa d percaya

    • Wah, sedih juga mendengar nya.. Tapi saya yang berdomisili di Bekasi lebih beruntung dari Anda, sehingga sampai saat ini masih setia dengan AHA, sejak menggunakan nya 3 bulan yang lalu..

      Dugaan saya, ini masalah coverage.. Kalau saya tahu domisili Anda, mungkin saya bisa suggest ISP yang tepat..

      Hanya ingin membantu..🙂

  2. saya sedang mencari modem internet yang bs streaming tanpa tersendat.. (like everyone else of course… :D) terakhir saya pakai modem smartfrend yang langsung ingin saya banting setelah masa promonya habis…kira2 apakah aha akan serupa seperti smartfren ya? kalau di daerah cilincing yang di jakarta jg apakah bs lancar seperti anda ya? mohon inputnya..thx..

    • Salam,

      Saya sendiri pengguna AHA sejak feb 2012. Sejak saat itu, sampai sekarang, saya belum merasa perlu untuk berganti provider. Di daerah saya, di Cikunir-Jatibening-Galaxy-Bekasi, saya belum pernah merasakan ingin membanting modem (dalam hal ini smartphone) saya seperti Anda🙂.

      Sebelumnya, saya pernah menggunakan IM2, Tri, Axis dan Excel. Dari pengalaman saya, IM2 dan Tri pernah punya koneksi bagus di daerah saya, sebelum menurun secara significant beberapa bulan setelah itu. Axis menurut saya so-so lah. Excel tidak bisa diharapkan. Telkomsel dan Smartfren belum pernah coba.

      Untuk daerah Cilincing saya belum punya informasi, tapi mungkin Anda bisa coba dulu AHA di sana, mengingat modem dan paket nya saat ini cukup kompetitif (baca: murah). Sebagai informasi, saat ini saya berlangganan paket SUPER, yang tarif nya Rp. 100.000,- per bulan dengan kuota 7GB.

      Semoga mendapat pencerahan🙂

  3. OK.. SELAMAT BUAT “AHA – BANYAK KEMAJUAN TERUTAMA… NOTIFIKASI AHA` YANG MANIS SELALU MUNCUL, PADAHAL PAKET “MINI. 600Mb belum di pakai… saaalluuuttt… buat aha`… masa aktif 30/hr.. nyata,y baru tiga hari gak bisa ngapa2in… saya – fan`s berat AHA.. MODEM `sama perdana aha ada tiga. “SAMA AJA TUH… “NOTIFIKASI AHA.. YES/OK… Lanjutkaaannnn…..

  4. “menambahkan… “saya pelanggan AHA sudah tiga tahun.. awal pakai modem Venus80vt, paketan EKONOMIS 1/Hr – 4000ribu.. terus pakai Modem dari AHA – Paket 25Rb/7Hr.. sekarang Menggunakan Modem CYRUS Max-d – paketan MINI 600Mb/30 Hr.. OK, kan… kurang dari seminggu hasil…“SELAMAT To, NOTIFIKASI AHA“ Laannjuuutrkan… Sukses selalu….

    • Salam,

      Saya belum pernah menggunakan paket modem AHA, apalagi paket Max-d (yang terbaru), yang katanya biaya mini tapi quota maxi. Tapi mengamati komentar Anda, sepertinya pengalaman Anda kurang menggembirakan. Luar biasa bahwa Anda sudah bertahan dengan AHA selama 3 tahun. Biasanya, ISP tidak setia kepada pelanggan lama, seperti pengalaman saya dengan IM2 dulu, yang akhirnya saya putus setelah menggunakannya selama kurang lebih 1.5 tahun.

      Saat ini saya menggunakan kartu Esia powered by AHA, dengan paket internet SUPERGIGA 7GB/30 hari (Rp. 100.000,-). Dan pengalaman saya dengan kartu ini sejak Februari 2012 lalu, yang pasti lebih menggembirakan daripada Anda. Tapi terus terang, saya tetap tidak akan pernah menjadi pelanggan setia provider mana pun. Kalau AHA tidak lagi setia kepada saya suatu saat nanti, maka saya pun akan begitu.

      Thanks for sharing.. Cheers..🙂

  5. oke kita semua pake yang enak//// bagus kalo gak enak juga buat apa??… enak harga enak quota pokoke uenak kabeh lah.. aku juga ganti2 ane punya esia suka pinjem temen yg punya fren alnya kan tarifnya 5ribu kl esia ceban… bisa ngirit maen netnya…. salam kenal.surya

  1. Ping-balik: Perbandingan paket Internet XL « iSemua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: