Perbandingan paket Internet SmartFren

ISP terakhir yang saya buat komparasi paket nya adalah Smartfren. Smartfren adalah provider yang bermain di jalur CDMA.

Bagi yang masih bingung dengan hasil dari komparasi ini, saya sederhanakan saja, bahwa Best Tariff itu adalah paket dengan tarif paling murah per KB nya dan Best Value itu adalah paket dengan penawaran bandwith terbaik untuk tarif per KB nya.

Singkat cerita Smartfren ini saya tempatkan di article paling akhir karena mereka punya system pelayanan yang sangat berbeda di banding semua ISP lainnya yang kita kenal. Paket-paket mereka meliputi paket-paket REAL UNLIMITED (tanpa FUP), sampai yang quota/FUP nya dihitung harian, walaupun masa aktif nya bulanan. Saya bingung bagaimana membuat komparasi nya. Akhirnya, saya buat saja FUP nya sampai 1 jt MB. Dan yang untuk FUP harian, saya kalikan 30 hari untuk membentuk quota/FUP bulanan. Ck, ck, ck.. Mungkin saya lebih baik tidak membuat komparasi nya saja.🙂

Smartfren sendiri adalah brand dari PT Smartfren Telecom, Tbk, yang mengklaim mempunyai jaringan CDMA terluas di Indonesia. Sebagai provider CDMA, Smartfren sudah menggunakan teknologi terkini yaitu EVDO Rev. B, yang dibilang punya kecepatan 2x nya EVDO Rev. A, yang digunakan oleh kompetitor lain. Katanya sih hingga 14.7 Mbps. Dengan strategi ini, Smartfren cukup percaya diri untuk mematok target hingga 2 triliun rupiah di tahun 2012 ini, menurut Media Indonesia.

Saya belum pernah menggunakan Smartfren, tapi pernah iri dengan teman saya di Bogor yang katanya dekat dengan BTS nya Smartfren. Waktu itu dia menggunakan USB modem Smartfren dan berlangganan bulanan, dengan kuota per hari 1 GB. Wuih.. Per hari gitu loh! Memang, agak sulit membandingkan paket jualan Smartfren dengan ISP yang lain, karena hal ini. Makanya, komparasi Smartfren ini saya buat paling akhir.😉

Updated : Saya coba membuat penilaian yang lebih fair, karena paket unlimited ini sebetulnya bisa dibuat limit harian nya. Setelah itu, limit harian ini bisa dikalikan dengan masa aktif nya. Contoh, paket unlimited harian dengan kecepatan 384 Kbps itu sebetulnya sama dengan 48 KBps, atau sama dengan 4147.2 MB/hari.

Nah, sebelum sampai pada tabel perbandingan, harap diketahui bahwa :

  1. Hampir seluruh informasi saya ambil dari situs Smartfren per tanggal 12 Februari 2012.
  2. Penilaian ini dibuat berdasarkan logika semata, dan tidak berhubungan dengan ilmu apa pun kecuali matematika.
  3. Saya tidak punya tendensi apa pun dalam melakukan penilaian.

Tabel Perbandingan Paket-Paket Smartfren (updated)

Product Paket Pra/Pasca Jenis Penilaian Speed Quota/FUP Tariff Masa Aktif
Connex Pascabayar Unlimited Super Pro Pasca Bayar Unlimited Best Value 14.7 Mbps 2 GB 275,000 Bulanan
Connex Prabayar Volume Based 12 GB Pra Bayar Quota 14.7 Mbps 12 GB 150,000 Bulanan
Connex Pascabayar Unlimited Super Advance Pasca Bayar Unlimited 3.1 Mbps 1 GB 150,000 Bulanan
Connex Prabayar True Unlimited Premium 30 Pra Bayar Unlimited Best Tariff 384 Kbps ~ 90,000 Bulanan
Connex Prabayar True Unlimited Premium 7 Pra Bayar Unlimited 384 Kbps ~ 30,000 7 Hari
Connex Prabayar True Unlimited Premium 1 Pra Bayar Unlimited 384 Kbps ~ 5,000 Harian
Connex Prabayar Volume Based 6 GB Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 6 GB 100,000 Bulanan
Connex Prabayar True Unlimited Reguler 30 Pra Bayar Unlimited 153 Kbps ~ 45,000 Bulanan
Connex Pascabayar Unlimited Super Basic Pasca Bayar Unlimited 768 Kbps 500 MB 90,000 Bulanan
Connex Prabayar Volume Based 2 GB Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 2 GB 50,000 Bulanan
Connex Prabayar Volume Based 100 MB Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 100 MB 3,000 Harian
Connex Prabayar Volume Based 600 MB Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 600 MB 20,000 7 Hari
Connex Prabayar Volume Based 250 MB Pra Bayar Quota 3.1 Mbps 250 MB 10,000 7 Hari
Connex Prabayar Volume Based 20 MB Pra Bayar Quota Worst Tariff & Value 3.1 Mbps 20 MB 1,000 Harian

Catatan :

  1. Untuk paket unlimited tanpa FUP, saya anggap mempunyai FUP hingga 1 juta MB (updated)
  2. Untuk paket bulanan dengan quota/FUP harian, saya kalikan 30 untuk membentuk FUP bulanan
  3. Sehingga, buat yang curious, nilai Worst Tariff nya di sini adalah Rp. 0.05/KB, sedangkan Best Tariff nya menjadi Rp. 0.00072338/KB (almost free, kalau Anda men-download hingga 1 juta MB data tentunya!). (updated)

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 12 Februari 2012, in Service Provider and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. gue pake yg ini om :

    Connex Prabayar True Unlimited Reguler 30 Pra Bayar Unlimited 153 Kbps ~ 45,000 Bulanan

    masih yg Rev. A, tp lumayan di tempat gue, lemotnya ga sering2 amat, worthlah ama harga segitu :p

    nice writting om, gue blm bisa nulis2 niy, bnyakan cuma draft ga karuan yang berserakan dimana2 😀
    keep rockin’ man!

Tinggalkan Balasan

