Tarif Internet terbaik di kelas 50 ribu-an ke bawah

Gak mau bayar Internet lebih dari 50 ribu per bulan? Jangan sedih! Banyak paket Internet yang tersedia di kelas se-gitu-an. Tapi mana yang paling menguntungkan? Mari kita lihat bersama.

Berdasarkan tabel perbandingan tarif  yang saya punya, saya coba tampilkan semua paket Internet di bawah 50 ribu per bulan yang punya FUP/quota minimal 500 MB. Dan inilah hasilnya:

# ISP Product Paket Jenis Speed Quota/FUP Tariff
1. Smartfren Connex Prabayar True Unlimited Reguler 30 Unlimited 153 Kbps ~ 45,000
2. Telkomsel Flash Unlimited Midnight 50000 Conditional 2 Mbps 8 GB 50,000
3. Telkomsel Flash Unlimited Midnight 25000 Conditional 2 Mbps 3 GB 25,000
4. Smartfren Connex Prabayar Volume Based 2GB Quota 3.1 Mbps 2 GB 50,000
5. 3 Kartu Internet 1GB Quota 3.6 Mbps 1 GB 50,000
6. XL Volume XL25 Quota 3.6 Mbps 500 MB 25,000
7. 3 Kartu Internet 500MB Quota 3.6 Mbps 500 MB 35,000
8. AHA Super Mega Quota 3.1 Mbps 700 MB 50,000
9. Axis Eksis Unlimited Bulanan Unlimited 384 Kbps 400 MB 29,900
10. Axis Pro Unlimited Bulanan Basic Unlimited 2 Mbps 500 MB 49,000
11. XL Unlimited XLIB49 Unlimited 512 Kbps 500 MB 49,000

Ini adalah 11 paket yang masuk dalam kategori yang saya jelaskan di atas. Dan mari kita lihat lebih detail setiap paket yang ditawarkan.

1. Connex Prabayar True Unlimited Reguler 30: paket Smartfren ini adalah satu-satu nya yang benar-benar unlimited. Walaupun kalau saya hitung-hitung, tidak mungkin melebihi 4 GB kapasitas download per bulan. Sayang, speed-nya yang hanya 153 Kbps bagi sebagian pengguna tidak dapat diterima.

2 dan 3. Telkomsel Flash Unlimited Midnight : paket dari Telkomsel, yang punya tawaran quota menggiurkan. Sayang paket ini hanya untuk kelas midnight downloader saja, yg berlaku dari jam 12 malam sampai jam 6 pagi. Termasuk Anda? Berarti ini paket yang tepat untuk Anda. Tapi kalau saya termasuk pengguna kelas ini, saya akan langganan Internet kabel saja, yang punya koneksi lebih stabil, dan tidak terikat waktu pemakaian.

4. Connex Prabayar Volume Based 2 GB: juga dari Smartfren, yang menawarkan speed hingga 3.1 Mbps tapi dengan quota hingga 2 GB. Bagi penggemar high speed downloading, pilihan ini lebih bisa diterima dibanding yang pertama. Tapi apakah Anda cukup puas hanya dengan 2 GB per bulan? Mari kita lihat penawaran berikut nya.

5 dan 7. Kartu Internet : dari 3 (atau Tri, atau Three). Ini adalah salah satu paket Internet yang saya gunakan saat ini. Memang quota nya lebih kecil dibanding punya Smartfren di atas. Tapi coverage nya di daerah saya di Bekasi Selatan sangat bagus. Dan jenis kartunya (GSM) yang membuat saya lebih memilih paket ini. Maklum, hampir semua device/modem yang saya punya hanya mengenal GSM. Kalau mau coba Smartfren, saya harus beli dulu modem CDMA, yang bukan prioritas saya saat ini.

6. Volume XL25 : dari siapa lagi kalau bukan XL Axiata. Nilainya berada di antara 2 jenis paket Three di atas. Beda-beda tipis lah. Dan saya pernah menggunakan paket ini. Murah. Hanya 25 ribu per bulan untuk 500 MB. Coverage nya juga lumayan. Hanya saja tidak untuk daerah domisili saya.

8. Super Mega : punya AHA. Saya juga pengguna AHA, karena kebetulan saya juga pengguna Esia. Tapi bukan paket ini yang jadi pilihan saya. Ini paket tanggung menurut saya. Sementara paket 1 GB nya sendiri kurang menarik penawaran nya. Akhirnya saya lebih memilih berlangganan paket AHA yang lain, yang menawarkan quota hingga 3 GB.

9 dan 10. Eksis dan Pro Unlimited : dari Axis. ISP ini memang pemain utama di tarif ini. Tapi penawaran nya koq terkesan kurang berani ya? Walaupun begitu, Axis ini termasuk provider yang coverage nya di daerah saya di Bekasi Selatan, lumayan bagus. Tapi buat Bandung dan sekitarnya, enggak dulu deh.

11. Unlimited XLIB49 : dari XL juga. Bedanya dengan yang di atas, ini adalah paket  unlimited. Paket ini juga paket tanggung, menurut saya. Hanya speed nya yang lumayan menarik di 512 Kbps. Lain nya? Hmm.. Lain kali aja kali deh..

Kesimpulan

Menurut saya hanya urutan 1 sampai 6 yang layak coba. Sisanya nanggung, dan lebih baik Anda pertimbangkan untuk memilih yang lebih mahal sedikit tapi dengan penawaran yang jauh lebih bagus. Memang akan membuat Anda membayar di atas 50 ribu. Tapi saran saya, jangan coba paket lain di bawah urutan 6 pada tabel di atas.

Ada saran lain?

About erlanggahasto

An application architect who tends to create something so smart it won't need the creator anymore

Posted on 16 April 2012, in Service Provider and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Beberapa hari yang lalu baru posting ini : http://eithea.net/2012/04/14/pake-operatorprovider-apa-ya/ nyambung neh hehehe

  2. kl 3 d daerah jatiasih bantar gebang sinyal 3G nya nyambung-putus,tp 85persen putusnya.xl yg quota 500mb dah g 25 rb lg,tp 49rb.kok makin pd mahal ya….

    • Thanks atas koreksi nya soal XL. Memang saat ini paket yang rp. 25.000,- per bulan sudah tidak ada. Tapi bagi pelanggan lama XL yang sudah menikmati paket ini, tidak akan berubah menjadi paket Rp. 49,000,- per bulan, kecuali sudah pernah unreg atau putus karena jumlah pulsa yang tidak mencukupi.

      Maka, saran saya untuk yang masih menikmati rp. 25.000,- per bulan, jangan pernah unreg, kecuali akan ganti kartu/paket lain.

      Terimakasih juga atas info nya, bahwa di daerah Bantar Gebang Bekasi, sinyal “3” tidak bagus. Sayang, padahal di daerah Jaka Mulya (Bekasi juga), sinyal nya cukup bagus.

  3. belom di update nih…

  4. axis pro unlimited di daerah jalan soeta bandung , wusss wusss biar quota abis cuek aja karena speed nya masih 128kbps artinya msh mirip ma yg connex unl

  5. klo untuk daerah Tambun utara pakai apa yaa … saya coba pakai smart .. sinyalnya itu lho .. ga’ nahan … bikin darah tinggi😀

    • AHA dari Esia boleh dicoba, karena ini yang saya pakai sejak setahun terakhir. Rumah saya sendiri di daerah Galaxy. Memang ada naik-turun nya setiap koneksi internet, termasuk Esia. Tapi overall inilah the best value for money, in my opinion.

      Smart belum pernah coba di daerah Bekasi. Satu2nya yang belum pernah saya coba.🙂

  6. kami pakenya axis pro unlimited, biasanya oke-oke aja tuh (bisa lah buat kirim gb kerjaan via email, ngecek tumblr, dan ngetorrent :P)… -walopun lebih oke smartfren sih…

    tapi sejak sabtu malam lalu, koneksinya bikin stress aja… selalu stuck di EDGE, kalopun berhasil konek, kecepatan 0 kbps, dan D/C terooos…

    kami tanya ke twitter CS-nya, katanya ada migrasi jaringan… ntah sampe kapan TT.TT

Tinggalkan Balasan

